Panduan Penilaian K13 SD Revisi Terbaru Tahun 2018-2019 Resmi Kemdikbud merupakan file terbaru yang akan saya share kepada anda miror download untuk anda Guru SD/MI. Seperti yang kita kerahui bersama bahwa Kurikulum 2013 telah direvisi secara nasional menjadi Kurikulum Nasional. Terdapat beberapa poin perubahan penting dalam K13 dan salahsatunya adalah bagian sistem Penilaian Kurikulum 2013. Tentunya sebagai guru kita wajib mengetahui perubahan apa yang ada pada K13 Revisi terbaru ini.
Revisi pada Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Revisi Terbaru Tahun 2018-2019 tentunya berimplikasi terhadap seluruh perencanaan pembelajaran yang kita bangun untuk satu tahun pelajaran. Dan memasuki tahun ajaran 2017/2018 ini guru harus mempelajari Panduan Penilaian ini secara tuntas disamping pemerintah juga melakukan berbagai kegiatan berupa Workshop, Diklat, dan Pelatihan akhir-akhir ini.
Adapun yang menjadi poin penting secara Umum dalam perubahan Penilaian Kurikulum 2013 SD adalah sebagai berikut :
- Nama Kurikulum tidak berubah menjadi Kurikulum Nasional tetapi menggunakan nama Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional;
- Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Kompetensi Inti ( KI ) tetap dicantumkankan dalam penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
- Jika ada 2 (dua) nilai praktek dalam 1 Kompetensi Dasar (KD), maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, dan portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama;
- Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan;
- Silabus Kurikulum 2013 Edisi Revisi lebih ramping hanya 3 (tiga) kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran;
- Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 (satu) dan penilaian akhir tahun untuk semester 2 (dua). Dan sudah tidak ada lagi UTS langsung ke penilaian akhir semester;
- Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yg digunakan, dan materi dibuat dlm bentuk lampiran berikut dgn rubrik penilaian (jika ada);
- Skala penilaian menjadi 1 - 100. Penilaian sikap diberikan dlm bentuk predikat dan deskripsi;
- Remedial diberikan untuk yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedi inilah yang dicantumkan dalam hasil
Untuk lebih jelasnya silahkan Download Panduan Penilaian K13 SD Revisi Terbaru Tahun 2018-2019 ini melalui mirorr download dibawah ini.
Diharapkan dengan Panduan Penilaian K13 SD Revisi Terbaru Tahun 2018-2019 ini dapat membatu anda dalam membuat perangkat pembelajaran. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dalam blog ini tersedia berbagai Administrasi Wali Kelas dan Guru Kelas Lengkap untuk semua jenjang mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK. Cari file yang anda perlukan melalui daftar Menu, Label, Kategori yang tersedia dibagian atas dan samping blog ini.
ConversionConversion EmoticonEmoticon